MON - FRI : 09:00 - 18:00 & SAT / SUN : CLOSED

Jenis – Jenis Desain Rumah

Jenis – Jenis Desain Rumah

Ada ungkapan lama yang mengatakan bahwa “rumahku adalah istanaku”. Bagaimana bisa sebuah rumah kecil bisa menjadi istana yang besar, mewah, dan megah? Jawabannya bisa saja! Semua itu tergantung dari faktor-faktor pendukung yang mana salah satunya adalah desain interior yang ada di dalam rumah tersebut.

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis desain rumah, antara lain yaitu :

  • Desain Rumah Kontemporer adalah salah satu model rumah yang banyak dibangun dibanyak negara di seluruh dunia, secara prinsip gaya rumah kontemporer ini relatif agak agak mirip dengan gaya atau desain rumah minimalis. Tapi gaya kontemporer cenderung menggambarkan desain dan bentuknya yang modern, dan variatif. Dengan kata lain gaya kontemporer adalah gaya yang mengikuti perkembangan jaman, arsitektur modern kontemporer secara umum bisa dikenali melalui desainnya yang sederhana, praktis dan fungsional dengan pengolahan bentuk geometris yang simple dan warna-warna netral dengan tampilan yang bersih.
  • Desain Rumah Modern Tidak beda jauh dengan gaya rumah kontemporer, gaya rumah modern juga cenderung memiliki desain dan model yang hampir sama. Hanya saja model rumah modern ini secara umum memiliki bentuk rumah yang terlihat lebih kaku dengan bentuknya yang kotak, tapi terlihat mewah. Kebanyakan gaya rumah modern cenderung terbuka dan mengandalkan banyak pemasangan kaca dengan ukuran yang relatif lebih lebar.
  • Desain Rumah Tradisional adalah rumah yang mengikuti kekhasan masing masing daerahnya, tapi secara desain gaya tradisional juga tidak berarti harus mutlak 100%. Sebab bisa saja pada beberapa bagian tertentu diberikan sentuhan sentuhan desain lain. Desain ini secara umum cenderung konvensional atau sedikit bergaya khas. Contohnya dberbagai negara terdapat desain – desain rumah tradisional masing-masing.
  • Desain Rumah Asian adalah desain rumah ala orang Asia yang pada bagian tertentu memiliki kekhasannya masing masing. Sama seperti desain tradisional, rumah gaya Asian ini memiliki keunikannya sendiri. Penggunaan material kayu dan bambu cukup mendominasi pada ruang atau bagian tertentu. Misalnya rumah Asian ala Jepang atau China, begitu juga dengan rumah Asian ala Indonesia. Biasanya rumah desain Asia itu memiliki beberapa elemen penting yang harus ada pada desain interiornya. Elemen yang pertama adalah pintu geser kaca ataupun kaca-kaca besar yang bisa memberikan pemandangan.
  • Desain Arsitektur Rumah Tropis lebih mengedepan kesan natural dengan memanfaatkan sisi alamiah dari rumah itu sendiri. Biasanya rumah dengan gaya tersebut identik dengan tumbuhnya beberapa pohon palm atau kelapa di sekitar rumah tersebut. Dengan ukuran pintu dan jendela yang relatif lebih besar. Tujuannya agar sirkulasi udara yang sehat dapat masuk ke dalam ruangan, penggunaan bahan material semacam kayu dan papan cenderung lebih diutamakan. Indonesai sendiri sebagai sebuah negara gua rasa cocok dengan model rumah seperti ini. Karena karakter rumah tropis memang didesain sesuai untuk daerah beriklim tropis.
  • Desain Rumah Mediteranian dapat diketahui dari bentuknya yang sangat elegan, klasik, dan mewah. Seperti yang sering kita liat dibeberapa negara seperti Italia, Turki, Spanyol, dan Yunani.Sebuah rumah bergaya Mediterania biasanya tidak akan lebih tinggi dari dua lantai dan seluruhnya memiliki jendela-jendela besar. Atap miring dari garis atap menyediakan emper yang indah yang bisa menjadi tempat duduk yang teduh di lokasi panas. Membawa alam ke dalam ruangan seringkali merupakan bagian dari struktur desain karena iklim di sekeliling Mediterranean sejuk dan hangat, interior halaman, beranda, dan bahkan balkon yang praktis dan lain sebagainya. Kolom dan lengkungan tinggi juga merupakan ciri khas desain ini.

 

  • Category :
  • Type :
error: Content is protected !!
WhatsApp chat