MON - FRI : 09:00 - 18:00 & SAT / SUN : CLOSED

Desain Interior Kamar Anak

Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh desain interior kamar anak itu sendiri, mulai dari penempatan furniture yang efisien dan aman bagi anak, juga penempatan mainan anak yang termasuk dalam area bermain anak, dan tidak lupa selalu libatkan anak dalam pemilihan desain kamar tidurnya yang sangat mengekspresikan hobi mereka. Hingga pemilihan warna yang cocok , yang nantinya sangat berpengaruh pada kepribadian dan kenyamanan anak. Berikut adalah tips-tips yang cocok untuk membuat desain interior kamar anak.

desain kamar anak

BACA JUGA : LAYANAN JASA INTERIOR DESAIN JAKARTA TERPERCAYA

Boneka Binatang

Boneka binatang sangat berpotensi meningkatkan rasa kasih sayang anak. Secara tidak langsung, boneka binatang dapat melatih rasa sayang anak pada orang lain atau saudara yang lebih kecil misalnya adik. Selain itu, anak dapat belajar menyayangi makhluk hidup lain disekitarnya misalnya binatang dan tumbuh-tumbuhan. Menurut penelitian, kamar anak yang memiliki boneka binatang cenderung lebih mudah menyayangi makhluk hidup lainnya dibandingkan dengan yang tidak.

Pencahayaan Alami

Cahaya matahari pagi dapat diklaim dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Pada pagi hari selalu usahakan jendela kamar anak anda terbuka dan biarkan cahaya alami dari matahari masuk dan saat anak anda terkena paparan sinar matahari maka penyakit seperti flu, pilek, demam, tifus dan cacar akan sulit berkembang dalam tubuh anak anda. Cahaya sinar matahari pagi juga diklaim dapat memberikan sistem imun atau ketahanan tubuh. Alangkah baiknya anda mempertimbangkan perencanaan pembuatan jendela yang cukup besar, dan menganalisa arah datangnya matahari pagi supaya dapat memaksimalkan masuknya cahaya matahari pagi pada ruang kamar anak anda.

Pemasangan Cermin Besar

Peletakan cermin pada kamar tidur anak sangat berpotensi dalam tumbuh kembangnya, terutama untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Pasang cermin dimana anak dapat melihat seluruh badannya, jangan menggunakan cermin yang berdiri sendiri (free standing) karena rawan terjatuh. Pasanglah cermin pada dinding dengan bantuan tenaga ahli untuk memperoleh hasil yang baik, pemasangannya juga harus diperhatikan. Memasang cermin terlalu tinggi dapat membuat anak jadi merasa rendah diri. Dan pada teori feng shui, pemasangan cermin besar pada kamar anak, dapat memberikan rasa ketenangan.

Area Bermain Anak

Tumbuh kembang anak sangat berpengaruh dengan aktivitas bermain. Namun kebanyakan orang tua tidak mempersiapkan ruang bermain anak yang aman sehingga anak terhindar dari cidera. Beberapa tips dari kami agar anak dapat tetap bermain secara leluasa dan orang tua tidak perlu khawatir atau memberikan pengawasan yang ekstra. Hindari pemakaian furniture dengan ujung siku atau ujung tajam, pasanglah karpet puzzle dengan ukuran agak lebar 60cm x 60cm atau lebih, supaya anak terhindar terbentur langsung ke lantai. Tips lainnya pilihlah mainan yang tidak memiliki ujung tajam atau ujung siku, dan selalu lihat label lolos sertifikasi untuk cat yang digunakan.

Teori Feng Shui dan Aplikasinya

Selalu perhatikan penggunaan dan pemilihan warna pada kamar anak untuk memperbaiki energi feng shui pada kamar tersebut. Energi feng shui pada kamar anak sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak terutama pada perkembangan kepribadian bahagia.Dapat kita ambil contoh jika anak anda pemalu kami sarankan pasanglah beberapa hiasan atau lukisan dengan warna – warna ceria seperti warna kuning & warna jingga. Pemilihan warna pastel seperti biru muda, merah muda, lebih disarakan untuk kamar anak diusia balita. Hal ini juga sama halnya dalam pemilihan warna wallpaper dan motifnya, disarakan motif wallpaper lebih cenderung pada gambar-gambar kartun.Warna yang terang seperti merah, biru, hijau membuat anak mudah stress dan tertekan, lain halnya dengan warna-warna muda yang dapat menenangkan hati dan memberikan kesan tenang dan lembut.

  • Category :
  • Type :
error: Content is protected !!
WhatsApp chat