MON - FRI : 09:00 - 18:00 & SAT / SUN : CLOSED

Ciri Arsitektur Modern

Ciri Arsitektur Modern

Pada dasarnya Arsitektur modern sudah ada dan berkembang dari jaman dulu, bukan baru-baru ini saja. Tapi pada perkembangannya sekarang sudah banyak dikenal desain arsitektur bergaya minimalis, kontemporer, futuristik, dan banyak lainnya.

Arsitektur modern memiliki pandangan bahwa arsitektur adalah olah pikir, bukan olah rasa, dan permainan ruang bukan permainan bentuk. Muncul dan berkembangnya teknologi juga memiliki andil untuk mempopulerkan gaya modern. Misalnya material kaca yang dapat digunakan untuk membuat ruangan karena ciri-cirinya yang ‘ada tapi tak terlihat’. Detail ornamen dianggap sebagai suatu hal yang tak perlu.

Kata modern sendiri dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang memiliki kaitan dengan setiap hal yang berkembang pada masa kini atau yang menunjukkan karakter kekinian. Untuk suatu hunian, hunian yang modern berarti hunian yang memiliki dan menunjukkan adanya ciri arsitektur modern. Hunian yang memiliki gaya arsitektur modern harus mampu menghadirkan gaya hidup masa ini di dalam rumah dan bukan masa lalu.

Secara umum ciri arsitektur modern dapat dilihat dari bentuknya yang asimetris, atap datar, bentuk kotak, sudut lengkung dan halus. Rumah modern juga sering tampil efisien sedikit hiasan dengan deretan jendela kaca, alumunium dan stainless steel trip pada pintu juga jendela, dan panel mengkilap.

Adapun hal yang menonjol pada ciri arsitektur modern memang adalah bentuk, ukuran, dan bahan yang digunakan untuk membangun rumah tersebut. Di Indonesia kini telah banyak dibangun rumah-rumah dengan gaya arsitektur modern. Pada umumnya ciri arsitektur modern memiliki ornamen yang minim. Rumah modern seringkali didekorasi dengan ornamen garis horizontal, garis vertikal, dan garis diagonal sederhana.

Rumah dengan gaya arsitektur modern didominasi eksterior jendela berukuran lebar dan tinggi. List plang beton pada rumah modern didapati memanjang dengan kanopi yang menjorok ke depan. Adapun untuk interior rumah dilengkapi dengan ornamen sederhana dengan plafon bertingkat dan void di ruangan yang menambah kesan ruangan yang luas.

 

Ruang-ruang pada rumah modern didapati saling terhubung satu sama lain tanpa sekat pembatas. Ruang-ruang di dalam rumah hanya dibatasi oleh interior yang tidak permanen. Ruangan pun transparan, menggunakan dinding kaca sebagai pembatas.

Bahan bangunan yang sering digunakan untuk rumah modern adalan stainless steel finishing polished, kaca berwarna atau tinted glass, alumunium anodized. Bahan-bahan yang digunakan tersebut merupakan bahan yang mencirikan rumah modern di awal berkembangnya gaya arsitektur modern di Indonesia.

Selain itu ciri arsitektur modern menawarkan keindahan yang asli dan bukan sekedar meniru. Gaya yang dihadirkan sangat unik lain dari yang lain. Membangun rumah dengan gaya arsitektur modern membutuhkan imajinasi yang luas. Imajinasi yang dituangkan dalam bangunan rumah modern pun menjadi ciri khas unik tersendiri.

  • Category : News
  • Type :
Comments

Just Say Your Opinion

Your Comment

WhatsApp chat